eprintid: 64927 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/49/27 datestamp: 2024-04-23 03:51:42 lastmod: 2024-04-23 03:51:42 status_changed: 2024-04-23 03:51:42 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Ervina Gusti Khairunisa, NIM.: 20104080065 title: KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL ispublished: pub subjects: med_pemb subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran, Leaflet, IPS note: Pembimbing: Dra. Hj. Asnafiyah, M. Pd. abstract: Dalam melakukan suatu pembelajaran guru haruslah menciptakan keadaan kelas yang aktif supaya peran seorang peserta didik di dalam kelas menjadi lebih aktif dalam pembelajaran apapun termasuk pembelajaran IPS. Hal itu dapat dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS di SDIT Al-Muthi’in masih sering menggunakan metode pengajaran ceramah saja tanpa adanya penggunaan media pembelajaran di dalamnya. Hal ini berdampak pada hasil belajar dan pemahaman materi pada peserta didik. Maka dari itu, alasan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dan menggunakan desain pre-eksperimen. Pada desain pre-eksperimen hanya melibatkan satu kelas yaitu kelas eksperimen tanpa melibatkan kelas kontrol di dalamnya. Bentuk pre-eksperimen yang digunakan yaitu one group pretest posttest (O1 X O2 ). Dengan dilakukannya penelitian diberikan test awal atau pretest yang disimbolkan dengan O1, setalah itu diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran kepada peserta didik dengan diberikan simbol X, setelah itu diberikan tes akhir atau posttest setelah diberikan perlakuan yang diberikan simbol O2. Setelah semua rangkaian penelitian dilakukan, hasil pre-test dan post-test dihitung untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran atau perlakuan yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media leaflet dalam pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal ini terbukti melalui uji Paired Simple T-test yang menunjukkan bahwa nilai sig 0.000 < 0,05, yang berarti bahwa variabel media pembelajaran leaflet memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar IPS peserta didik kelas VB SDIT Salsabilah Al-Muthi'in. Selain itu, jika dilihat dari pembagian kategori perolehan N-Gain dalam persentase, angka N-Gain sebesar 69.0961% termasuk dalam kategori cukup efektif. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran leaflet memberikan pengaruh yang efektif dan efisien ketika diterapkan dalam pembelajaran IPS. date: 2024-03-08 date_type: published pages: 194 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ervina Gusti Khairunisa, NIM.: 20104080065 (2024) KEEFEKTIFAN MEDIA LEAFLET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDIT AL-MUTHI’IN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64927/1/20104080065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64927/2/20104080065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf