TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag. M.Ag ID - digilib64932 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64932/ A1 - M. Rizki Hi Aman, NIM.: 21204022012 Y1 - 2024/01/25/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian pemerintah yang masih belum optimal dalam menangani masalah peningkatan tenaga guru yang profesional, padahal jelas bahwa guru merupakan bagian yang sangat penting dalam menentukan kualitas pembelajaran, seperti yang dijelaskan dalam undang-undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, bahwa guru seharusnya memiliki skil kompetensi pedagogik dan profesional. Sehingga peneliti menganggap penting bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan bahasa Arab, sesuai dengan undang-undang no 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen. Perlu di kaji serta di teliti, sebagai bentuk peninjauan secara akademis khususnya di Kabupaten Halmahera Selatan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) Mengetahui kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan bahasa Arab berdasarkan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 2) Mengetahui kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Selatan, dan 3) Mengetahui faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Selatan. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Adapun data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data yang telah dikumpulkan akan di analisis berdasarkan model interaktif Miles, Haberman, dan Saldana, yang terdiri atas data condensation (kondensasi data), data display (penyajian data), dan conclusions drawing (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian terdiri atas: 1) Kompetensi pedagogik dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, yaitu sebagai kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik. Sedangkan kompetensi profesional yaitu penguasaan materi secara luas serta mendalam. 2) Kompetensi pedagogik guru pendidikan bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Selatan, yang meliputi persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. Maka guru dapat dikatakan telah melaksanakannya, namun terdapat kelemahan pada pelaksanaan tersebut, diantaranya penggunaan media pembelajaran yang terkesan klasik, karena belum menggunakan media pembelajaran yang berbau digital seperti halnya proyektor. Adapun pada kompetensi profesional, secara pelaksanaanya guru pendidikan bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Selatan, terdapat kelemahan dalam melaksanakan pengembangan diri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 3) Adapun faktor yang mempengaruhi guru pendidikan bahasa Arab di Kabupaten Halmahera Selatan, diantaranya Pertama, lemahnya kesediaan jaringan internet. Kedua, lemahnya kesediaan fasilitas pendidikan yang mendukung media pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pedagogik KW - Profesional KW - Guru Bahasa Arab M1 - masters TI - STUDI KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI KAB HALMAHERA SELATAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 14 TAHUN 2005 TENTANG GURU DAN DOSEN AV - restricted EP - 229 ER -