TY - JOUR ID - digilib64977 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64977/ IS - 2 A1 - Aprilita Hajar, - A1 - Noor Hamid, - A1 - Abdul Haris, - A1 - Rosichin Mansur, - N2 - Artikel ini membahas tentang pemikiran pendidikan Islam dalam sudut pandang pendidikan multikultural, dan juga urgensi dalam mengintegrasikan multikulturalisme dalam pendidikan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan merujuk pada sumber data kepustakaan. Pendidikan Islam berwawasan multikultural dilakukan dengan tujuan menanamkan kesadaran dalam pentingnya hidup dengan nilai-nilai kerjasama, toleransi, kerukunan dalam berbagai perbedaan. Sehingga timbul jalan terbaik untuk mengatasi konflik keagamaan. Hal ini difokuskan pada ranah pendidikan karena di dalamnya memiliki karakteristik berfikir terbuka, belajar hidup dalam perbedaan, saling memahami. Dan Pendidikan Islam berwawasan multikultural sebagai jalan keluar dari adanya konflik yang akan atau sedang terjadi. Berfikir dengan cara mendalam seperti pengertian dari filsafat pendidikan Islam akan membantu dalam mengkaji tentang berbagai masalah yang ada hubungannya dengan pendidikan Islam. Adapun hasil dari penelitian ini adalah munculnya pemahaman dalam memaknai hakikat pendidikan Islam, bagaimana prinsip, tujuan dan fungsi pendidikan multikultural dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. VL - 15 TI - Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural AV - public EP - 231 Y1 - 2023/12// PB - Institut Ilmu Al Qur'an (IIQ) An Nur Yogyakarta JF - An-Nur: Jurnal Studi Islam KW - Filsafat KW - Pendidikan Islam KW - Multikultural SN - P-ISSN 1829-8753, E-ISSN 2502-0587 SP - 215 ER -