eprintid: 64977 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 12253 dir: disk0/00/06/49/77 datestamp: 2024-04-25 02:51:26 lastmod: 2024-04-25 02:51:26 status_changed: 2024-04-25 02:51:26 type: article metadata_visibility: show creators_name: Aprilita Hajar, - creators_name: Noor Hamid, - creators_name: Abdul Haris, - creators_name: Rosichin Mansur, - title: Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural ispublished: pub subjects: fil_pend subjects: isl_pend divisions: artkl full_text_status: public keywords: Filsafat, Pendidikan Islam, Multikultural abstract: Artikel ini membahas tentang pemikiran pendidikan Islam dalam sudut pandang pendidikan multikultural, dan juga urgensi dalam mengintegrasikan multikulturalisme dalam pendidikan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan merujuk pada sumber data kepustakaan. Pendidikan Islam berwawasan multikultural dilakukan dengan tujuan menanamkan kesadaran dalam pentingnya hidup dengan nilai-nilai kerjasama, toleransi, kerukunan dalam berbagai perbedaan. Sehingga timbul jalan terbaik untuk mengatasi konflik keagamaan. Hal ini difokuskan pada ranah pendidikan karena di dalamnya memiliki karakteristik berfikir terbuka, belajar hidup dalam perbedaan, saling memahami. Dan Pendidikan Islam berwawasan multikultural sebagai jalan keluar dari adanya konflik yang akan atau sedang terjadi. Berfikir dengan cara mendalam seperti pengertian dari filsafat pendidikan Islam akan membantu dalam mengkaji tentang berbagai masalah yang ada hubungannya dengan pendidikan Islam. Adapun hasil dari penelitian ini adalah munculnya pemahaman dalam memaknai hakikat pendidikan Islam, bagaimana prinsip, tujuan dan fungsi pendidikan multikultural dalam perspektif filsafat pendidikan Islam. date: 2023-12 date_type: published publication: An-Nur: Jurnal Studi Islam volume: 15 number: 2 publisher: Institut Ilmu Al Qur'an (IIQ) An Nur Yogyakarta pagerange: 215-231 refereed: TRUE issn: P-ISSN 1829-8753, E-ISSN 2502-0587 citation: Aprilita Hajar, - and Noor Hamid, - and Abdul Haris, - and Rosichin Mansur, - (2023) Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural. An-Nur: Jurnal Studi Islam, 15 (2). pp. 215-231. ISSN P-ISSN 1829-8753, E-ISSN 2502-0587 document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64977/1/Filsafat%20Pendidikan%20Islam%20Dalam%20Perspektif%20Pendidikan%20Multikultural.pdf