%0 Book %A Sembodo Ardi Widodo, - %A Abid Mustauliya Kilmi, - %C Yogyakarta %D 2023 %F digilib:65065 %I Idea Press %K Pendidikan, Hermeunitika, Pendidikan Agama Islam %P 198 %T Hermeneutika Pendidikan Dialektika Pemikiran untuk Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Indonesia %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65065/ %X Pendidikan sebagai suatu entitas yang eksis di dunia ini merupakan suatu realitas sosial, yaitu realitas yang mengandung tindakan atau aktivitas-aktivitas tertentu yang oleh aktor-aktornya dikembangkan untuk suatu tujuan tertentu. Pendidikan dengan semua aspek dan dimensi yang termuat di dalamnya seperti visi, misi, tujuan dan sasaran lembaga, kurikulum, dan metode pembelajarannya merupakan sekumpulan wacana atau teks yang dapat dimasuki oleh berbagai interpretasi. Sebagai sebuah wacana atau teks, pendidikan oleh karena itu menjadi ruang yang produktif dan subur bagi penerapan hermeneutika, baik sebagai filsafat, metode, mapun sebagai kritik. Munculnya berbagai perubahan paradigma atau model pendidikan di Indonesia pada prinsipnya merupakan hasil dari sebuah interpretasi para tokoh atau aktor-aktor pendidikan melalui proses dialogis makna pendidikan dengan realitas empirik yang bergumul dengan dinamika perkembangan iptek, revolusi industri 4.0, demokrasi, globalisasi, tuntutan dunia kerja, pluralisme, multikuturalisme, dan berbagai ideologi lainnya yang sekarang ini muncul menjadi wacana eksistensial. Buku ini menyajikan dinamika pemikiran filosofishermeneutis khususnya dalam pendidikan Islam dalam lintasan sejarah dan kondisi saat ini sebagai upaya untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam memecahkan berbagai persoalan pendidikan Islam dalam berbagai aspeknya di era revolusi industri 4.0 sekarang ini.