relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65152/ title: REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television) creator: Mas Noviani, NIM.: 20102010001 subject: Komunikasi Sosial subject: Politik subject: Media massa description: Menjelang masa Pemilihan Umum Tahun 2024 di Indonesia, seluruh partai politik mengatur sedemikian rupa strategi politik demi meningkatkan nilai elektabilitasnya. Seperti menggunakan iklan politik di media massa yang dikombinasikan dengan agama. Hal ini terjadi pada tayangan azan magrib di televisi yang diperankan oleh Ganjar Pranowo, yang kemudian menyebabkan pro dan kontra dikalangan publik apakah tayangan tersebut menggambarkan sebuah politik identitas atau tidak. Dengan persoalan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Ganjar Pranowo direpreentasikan dalam tayangan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan metode analisis semiotik John Fiske melalui Teori The Code Of Television serta teori komunikasi massa dan teori representasi untuk mempertegas penjelasan pada analisis yang dilakukan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada tayangan azan tersebut Ganjar Pranowo direpresentasikan ke dalam tiga bentuk representasi, yaitu representasi reflektif, intensional, dan konstruksinis. Namun, terlihat kecenderungan Ganjar Pranowo yang mengarah pada representasi konstruksionis. Dimana tayangan tersebut tidak hanya menampilkan sebuah realitas atau mengekspresikan maksud dan tujuan dari figur Ganjar Pranowo saja, akan tetapi tayangan tersebut menunjukkan banyak simbol-simbol yang dapat membangun sebuah makna terkait identitas politik dari figur Ganjar Pranowo di dalam media yang memiliki kekuatan besar sehingga mudah membentuk persepsi masyarakat terhadapnya. date: 2024-03-22 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65152/1/20102010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65152/2/20102010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Mas Noviani, NIM.: 20102010001 (2024) REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.