eprintid: 65166 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/51/66 datestamp: 2024-06-13 08:03:41 lastmod: 2024-06-13 08:03:41 status_changed: 2024-06-13 08:03:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nala Millatal Haq, NIM.: 19104010056 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN CORE VALUES SISWA KELAS III B SDIT DARUSSALAM BAYAN, PURWOREJO ispublished: pub subjects: P subjects: met_pemb divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran PAI; budi pekerti; core values note: Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. abstract: Dalam rangka menghasilkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yang mengembangkan core values, perlu adanya manajemen pembelajaran yang baik. Manajemen pembelajaran yang efektif tidak hanya memberikan pengetahuan tentang pendidikan agama Islam saja. Namun juga mengamalkan pengetahuan tersebut. Sehingga dapat membentuk peserta didik sesuai nilai-nilai yang dikembangkan di SDIT Darussalam Bayan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam mengembangkan core values siswa kelas III B SDIT Darussalam Bayan, Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil latar di SDIT Darussalam Bayan, Purworejo. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan menyusun Prota, Prosem, Silabus, dan RPP. Nilai yang dikembangkan sesuai dengan KI/KD pada tiap materi. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dilakukan dengan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Di samping itu, SDIT Darussalam juga memiliki program unggulan dan pembiasaan. (3) Evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam mengembangkan core values dilaksanakan evaluasi bulanan dan evaluasi program. Evaluasi bulanan dilaksanakan setiap bulan sekali. Sedangkan evaluasi program atau pembiasaan dan muatan lokal dilaksanakan dalam catatan perkembangan peserta didik, ujian harian, PTS, PAS, dan ujian praktik. date: 2023-12-28 date_type: published pages: 170 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nala Millatal Haq, NIM.: 19104010056 (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENGEMBANGKAN CORE VALUES SISWA KELAS III B SDIT DARUSSALAM BAYAN, PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65166/1/19104010056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65166/2/19104010056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf