TY - THES N1 - Pembimbing : Prof. Dr. Moch. Nur Ichwan, S.Ag., M.A. ID - digilib65189 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65189/ A1 - Wanda Faring Fitnia, NIM.: 20102030024 Y1 - 2024/05/31/ N2 - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan pendapatan dan aktivitas ekonomi masyarakat sehingga adanya lonjakan harga barang yang signifikan di pasar tradisional sebagai kebutuhan untuk masyarakat. Pada era modern saat ini pedagang pasar tradisional dituntut untuk meningkatkan pelayanan, kebersihan dan kualitas dalam berdagang. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, perlu adanya perbaikan pada pasar tradisional di mana peran akademisi dalam memecahkan permasalahan sangat dibutuhkan. Salah satu strategi dalam mempertahankan eksistensi pasar rakyat yaitu dengan mengedukasi dan meningkatkan keterampilan berniaga pedagang melalui Program Sekolah Pasar. Program Sekolah Pasar merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kapasitas pasar rakyat dalam tiga aspek yakni penelitian, pendampingan dan pelatihan. Atas dasar fenomena tersebut, penelitian ini hadir untuk mengeksplorasi tentang bagaimana LPPM menyelenggarakan Program Sekolah Pasar dan proses pemberdayaan pedagang pasar melalui Program Sekolah Pasar di Pasar Desa Nirmala, Tirtanirmala, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan peneliti telah melakukan wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive yang didasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap relevan, teknik validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Proses analisis dimulai dari collecting data , reduction data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan data yang dihimpun dan diinterpretasikan, peneliti menemukan beberapa catatan penting, dintaranya proses pemberdayaan pedagang Pasar Nirmala melalui Program Sekolah Pasar terdiri dari tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.Tahap perencanaan melibatkan pengumpulan informasi tentang profil Pasar Nirmala, analisis SWOT, dan penentuan strategi pengembangan. Proses ini dilakukan oleh tim Sekolah Pasar dengan melibatkan stakeholder pasar dan pedagang Pasar Nirmala. Tahap pelaksanaan mencakup pendampingan, pelatihan, dan penelitian. Pendampingan dilakukan secara partisipatif untuk mengidentifikasi potensi, tantangan, dan masalah yang dihadapi oleh pedagang. Selanjutnya pelatihan dilakukan untuk meningkatkan keterampilan pedagang dalam berdagang serta mengelola pasar,dan tahap evaluasi digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan program dan mengidentifikasi area perbaikan untuk pengembangan selanjutnya PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - Pasar Tradisional ; Pemberdayaan Pedagang; Program Sekolah Pasar; Pasar Nirmala M1 - skripsi TI - PEMBERDAYAAN PEDAGANG PASAR NIRMALA MELALUI PROGRAM SEKOLAH PASAR AV - restricted EP - 112 ER -