%A NIM.: 18107010112 Widad Fadlurrahman %O Pembimbing: Syaiful Fakhri, S.Psi., M.Psi. %T HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN DENGAN KEPERCAYAAN ORGANISASI PADA DRIVER OJEK ONLINE %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen dengan kepercayaan organisasi pada driver ojek online. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode Kuantitatif korelasional dengan menggunakan Skala Likert. Adapun skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala komitmen dan skala kepercayaan organisasi, skala komitmen diadopsi peneliti berdasarkan dimensi dari Mowday (1979) yaitu keyakinan dan penerimaan, kesediaan dan keinginan sedangkan skala kepercayaan organisasi dibuat peneliti berdasarkan aspek-aspek dari Boas (2018) yaitu shared values, openness, autonomy, organizational culture, organizational justice, organizational loyalty dan job satisfaction. Populasi penelitian ini adalah driver ojek online dan Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Software G*Power menghasilkan jumlah sampel 219 responden dan tehnik pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Pada penelitian ini terdapat 3 daerah yang didapat, yang pertama Yogyakarta berjumlah 139 responden, kedua Bekasi berjumlah 51 responden dan yang terakhir Karawang berjumlah 29 responden. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan antara komitmen dengan kepercayaan organisasi, berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen dengan kepercayaan organisasi. Semakin tinggi tingkat komitmen maka semakin tinggi juga tingkat kepercayaannya terhadap organisasi Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis pada penelitian ini diterima. Didapatkan nilai komitmen dan kepercayaan organisasi Sig. 0,01 (Sig. < 0,05). %K driver ojek online; kepercayaan organisasi, %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib65206