TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si ID - digilib65290 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65290/ A1 - Muhamad Fikri Bahauddin, NIM.: 20102040037 Y1 - 2024/05/17/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Employee Assistance Program (EAP) dan dampaknya terhadap kepuasan kerja karyawan di PT Berlian Promosindo. Menurut Terblanche Employee Assistance Program dikatakan berhasil jika pelaksanaannya sudah mencakup desain program, manajemen dan administrasi, layanan klinis dan non klinis serta pemantauan dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi EAP di PT Berlian Promosindo meliputi layanan konseling, konsultasi keuangan dan hukum, serta kegiatan outing dan rekreasi. Program ini memberikan dampak positif terhadap kepuasan kerja karyawan, antara lain mengurangi stres dan masalah pribadi, memfasilitasi keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, meningkatkan produktivitas dan kinerja, serta menciptakan iklim kerja yang lebih positif. Faktor pendukung implementasi Employee Assistance Program adalah ketersediaan sumber daya manusia yang profesional, sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan anggaran dan kurangnya sosialisasi program. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Employee Assistance Program yang diimplementasikan dengan baik dapat meningkatkan kepuasan kerja karyawan dan memberikan manfaat bagi perusahaan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Employee Assistance Program KW - kepuasan kerja KW - produktivitas KW - PT Berlian Promosindo M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI EMPLOYEE ASSISTANCE PROGRAM (EAP) DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI PT BERLIAN PROMOSINDO AV - restricted EP - 110 ER -