relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6537/ title: PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU creator: IMAM AHMAD NASIRUDIN, NIM.: 05220019 subject: Bimbingan Konseling description: ABSTRAK Judul penelitian ini adalah peran guru bimbingan dan konseling bagi siswa SMK Muhammadiyah Delanggu. Masalah yang terjadi adalah bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam memotivasi siswa di SMK Muhammadiyah Delanggu serta adakah pengaruh peranan guru bimbingan dan konseling dalam memberikan motivasi kepada siswanya. Kegunaan penelitian ini sebagai bahan informasi kepada guru bimbingan konseling tentang pelaksanaan bimbingan di sekolah. Serta dapat memberikan dorongan kepada siswa untuk membantu pelaksanaan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling. Tujuanya untuk mengetahui peranan apa saja yang dilakukan oleh guru BK di SMK Muhammadiyah Delanggu. Serta untuk mengetahui pengaruh peranan guru BK dalam peningkatan belajar. Metode yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu sebagai prosedur penelitian untuk menghasilkan data deskriptif baik yang berupa katakata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Peneliti menggunakan metode wawancara, angket, dokumentasi. Untuk mendukung penelitan penulis, maka sasaran untuk mendapatkan data yaitu guru BK, guru Mata pelajaran, siswa dan kepala sekolah. Hasil penulis dalam penelitian yaitu peran guru BK SMK Muhammadiyah Delanggu berperan sebagai motivator dan mediator. Hasil penelitan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam bidang ilmu bimbingan dan konseling khusunya terhadap siswa. Secara khusus layanan bimbingan dan konseling bertujuan untuk membuat siswa agar mencapai tujuan-tujuan perkembangan meliputi aspek-aspek pribadi sosial dalam mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri, dan bertanggung jawab. Bimbingan belajar dimaksudkan untuk mencapai tujuan dan tugas perkembangan pendidikan. Bimbingan karier dimaksudkan untuk mewujudkan pribadi kerja yang produktif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam bidang ilmu bimbingan dan konseling khususnya dalam bidang bimbingan dan konseling terhadap siswa, serta diharapkan dapat menjadi pengetahuan sekaligus dapat memberikan kontribusi kepada siswa untuk lebih giat belajar di sekolah ataupun di rumah. Dalam penelitian ini tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mengetahui, memahami, dan mengamati proses belajar siswa di SMK Muhammadiyah Delanggu terhadap peranan guru BK bagi siswa SMK Muhammadiyah Delanggu. div date: 2011-11-22 type: Thesis type: PeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6537/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%C2%B7.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6537/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%C2%B7%C2%B7%C2%B7.pdf identifier: IMAM AHMAD NASIRUDIN, NIM.: 05220019 (2011) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.