%0 Thesis %9 Skripsi %A MUHAMMAD ISA KURNIAWAN, NIM.: 04220039 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Dakwah/ %D 2011 %F digilib:6544 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Program BK, MAN Model %P 113 %T PROGRAM BIMBINGAN KONSELING DI MAN MODEL CIPASUNG KAB. TASIKMALAYA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6544/ %X ABSTRAK Program Bimbingan Konseling Di MAN Model Cipasung, Kab. Tasikmalaya. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, 2011. Tujuan Program Bimbingan Konseling Di MAN Model Cipasung adalah untuk membantu anak didik menghindari masalah yang nantinya akan dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Selain itu juga membantu anak didik dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi agar permasalahan anak didik tidak berlarut-larut. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana program bimbingan konseling yang ada di MAN Model Cipasung. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif pada guru di MAN Model Cipasung dan difokuskan pada program bimbingan konseling di MAN Model Cipasung. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa di MAN Model Cipasung, Bimbingan Konseling bersifat preventif di berikan untuk menghidari masalah awal , kuratif membimbing anak untuk menghindari hal-hal yang negatif, dan perservatif mendampingi anak secara berkala agar anak tidak melakukan kegiatan yang menyimpang. Program yang diterapkan dibagi dalam empat bidang pembelajaran yaitu; Bidang Bimbingan Pribadi, Bidang Bimbingan Sosial, Bidang Bimbingan Belajar dan Bidang Bimbingan Karier. Sistem pelayanan yang diterapkan meliputi; Layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran, pembelajaran, konseling perorangan serta konseling kelompok. perencanaan masa depan siswa- siswi yang tertata sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri siswa-siswi. sehingga program yang ada di MAN Model Cipasung mampu untuk mengindarkan anak didik dari berbagai masalah. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi mampu menjadi pribadi yang islami, dan mengarahkan anak untuk dapat mengembangkan bakat-bakat mereka, di samping itu mengenalkan mereka dengan lingkungan sekitar, div %Z Pembimbing: Muhsin Kalida, S.Ag, M.A.