TY - THES N1 - Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag. ID - digilib65474 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65474/ A1 - Art Sinta Puspaningrum, NIM.: 19104080050 Y1 - 2024/02/21/ N2 - Pendidikan karakter perlu ditingkatkan karena adanya penurunan karakter bangsa di Indonesia. Siswa usia sekolah dasar rentan terpapar informasi negatif sehingga lebih mudah meniru hal negatif di kehidupan nyata. Karakter religius dalam Islam adalah berperilaku dan berakhlak sesuai dengan apa yang diajarkan dalam pendidikan. Pendidikan Islam tidak hanya bersifat teoritis, tetapi bersifat praktis. Berkaitan dengan hal itu, MI Giriloyo 2 membina karakter religius siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha. Pembiasaan ini dilakukan untuk membina karakter religius siswa dan sejalan dengan visi MI Giriloyo 2 yaitu mewujudkan generasi muslim yang berakhlak mulia, tangguh, cendikia dan berwawasan lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pembiasaan shalat Dhuha untuk pembinaan karakter religius siswa, hasil nilai karakter religius, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendamping shalat Dhuha, dan siswa MI Giriloyo 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti konsep analisis Miles dan Huberrman. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah upaya pembiasaan shalat Dhuha untuk pembinaan karakter religius siswa di MI Giriloyo 2 dilakukan menggunakan indikator pembiasaan menurut Maswardi M. Amin, yaitu rutin, spontan, dan keteladanan. Karakter religius yang dihasilkan siswa melalui pembiasaan shalat Dhuha adalah beriman dan bertaqwa, pengabdian, takut bersalah, bersyukur, sabar, belajar ilmu agama, sopan santun, dan pemurah. Faktor pendukung dari pembiasaan shalat Dhuha adalah semangat pada diri siswa, tanggung jawab, komitmen kepala sekolah, guru, dan siswa, adanya perkembangan sarana prasarana, dan lingkungan sekolah. Demikian pula untuk faktor penghambat dari pembiasaan shalat Dhuha di MI Giriloyo 2 adalah kurangnya motivasi, keterlambatan siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, cuaca, dan koordinasi guru yang kurang terkoordinir. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Pembiasaan KW - Shalat Dhuha KW - Pendidikan Karakter KW - Karakter Religius. M1 - skripsi TI - UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MI GIRILOYO 2 AV - restricted EP - 159 ER -