relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65475/ title: MANAJEMEN PROGRAM MADRASAH DIGITAL DALAM PEMANFAATAN APLIKASI EXAMBRO PADA PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 REMBANG creator: Rida’ul Maghfiroh, NIM.: 20104010002 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Latar belakang penelitian ini yaitu di era digital seluruh aspek kehidupan telah menggunakan teknologi digital termasuk pada aspek pendidikan. Dari hal tersebut Kementrian Agama RI mulai melakukan inovasi terhadap pembelajaran di Madrasah dengan menerapkan program Madrasah Digital. Kemenag telah memberikan kebijakan terkait pelaksanaan program ini kepada seluruh lembaga Madrasah termasuk di Kabupaten Rembang. MAN 2 Rembang adalah madrasah yang telah menggunakan aplikasi Exambro sebagai bentuk implementasi program ini, sehingga MAN 2 Rembang disebut Smart Madarsah. Tetapi fakta dilapangan menunjukkan bahwa MAN 2 Rembang belum sepenuhnya melaksanakan manajemen program madrasah digital dalam pembelajaran, sehingga menimbulkan tantangan dalam mewujudkan tujuan dari program Madrasah Digital. Penelitian ini bertujuan mengetahui tentang manajemen, kebijakan, implementasi program, tantangan serta tindakan alternatif dalam implementasi program Madrasah Digutal di MAN 2 Rembang. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini ada 2, sumber data primer yang diperoleh secara langsung dari informan yaitu Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Sarana, Pendidik PAI dan Peserta didik. Sedangkan sumber data sekunder adalah dokumen berkas administrasi perangkat pembelajaran dan lain-lain. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) MAN 2 Rembang sebagai Smart Madrasah telah berupaya menerapkan manajemen program madrasah digital berdasarkan panduan Balai Litbang Agama Kementerian Agama Jakarta dan Peraturan Permendiknas. 2) Manajemen program ini harus berdasarkan kebijakan yang telah di atur oleh pemerintah dan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Agama RI serta panduan penyelenggaraan program madrasah digital. 3) Implementasinya berdasarkan pada tingkatan implementasi program madrasah digital, berdasarkan pendekatan pengembangan TIK UNESCO yang terdiri yaitu emerging, applying, integrating, transforming. 4) Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan infrastruktur, kompetensi pendidik dan peserta didik yang bervariasi, masalah keamanan dan integritas data, kecurangan dalam ujian, serta keterbatasan anggaran dan monitoring evaluasi yang kurang efektif. 5) Alternatif yang dapat dipertimbangkan meliputi pembaruan infrastruktur teknologi, pelatihan dan dukungan pengembangan kompetensi, kerjasama dengan pihak eksternal, serta penerapan sistem monitoring dan evaluasi berkelanjutan. date: 2024-05-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65475/1/20104010002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65475/2/20104010002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Rida’ul Maghfiroh, NIM.: 20104010002 (2024) MANAJEMEN PROGRAM MADRASAH DIGITAL DALAM PEMANFAATAN APLIKASI EXAMBRO PADA PEMBELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN 2 REMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.