relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65477/ title: PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG creator: Lana Hasunah Agustin, NIM.: 20104010005 subject: 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ) description: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar tersebut adalah faktor eksternal berupa media pembelajaran. Media pembelajaran pada mata pelajaran PAI belum bervariasi, masih terpaku pada buku ajar saja. Keadaan tersebut menjadikan pembelajaran PAI dengan materi yang bersifat doktrinal menjadi semakin membosankan. Solusi yang dapat ditawarkan adalah penggunaan game Quizwhizzer sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh game Quizwhizzer terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang serta menganalisis besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain quasi eksperimen dengan bentuk posttest-only design with nonequivalent groups. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan game Quizwhizzer sebagai variabel bebas dan minat belajar siswa sebagai variabel terikat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah skala minat belajar siswa dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis deskriptif berupa tabel dan teknik analisis inferensial menggunakan uji parametrik independent sample t-test dan effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan game Quizwhizzer berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang (t = 3.559; p = 0.01). (2) Besar pengaruh penggunaan game Quizwhizzer terhadap minat belajar PAI siswa kelas VIII SMP N 3 Mertoyudan Magelang sebesar 42.3% (r = 0.423). date: 2024-05-27 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65477/1/20104010005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65477/2/20104010005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Lana Hasunah Agustin, NIM.: 20104010005 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GAME QUIZWHIZZER TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.