TY - THES N1 - Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag. ID - digilib65485 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65485/ A1 - Ahmad Royhan Anwar, NIM.: 20104010041 Y1 - 2024/05/13/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah munculnya era Society 5.0 yang menyebabkan permasalahan moralitas semakin luas karena banyaknya teknologi informasi yang masuk dan mudah dijangkau oleh semua kalangan. Tidak dapat dipungkiri, teknologi terbukti memengaruhi pembentukan karakter manusia khususnya terkait sikap peduli peserta didik di MAN 3 Sleman. Oleh karena itu, guru Akidah Akhlak di sini memiliki peran penting dalam menanamkan sikap peduli pada peserta didiknya agar tidak mudah terbawa oleh arus negatif dari perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli peserta didik, hasil peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli peserta didik, serta faktor pendukung dan penghambat guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil latar tempat di MAN 3 Sleman. Subjek penelitian antara lain guru Akidah Akhlak, Wakil Kepala Kesiswaan, dan dua peserta didik MAN 3 Sleman. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan mengikuti teori Miles dan Huberman yaitu melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasi penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik diantaranya sebagai pengajar, pembimbing, penasihat, dan teladan. (2) Hasil peran guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik ialah sudah banyak peserta didik yang memiliki sikap demokratis, menghargai pendapat sesama, berbagi kepada sesama, membangun kerukunan warga kelas, menyukai gotong-royong, serta menjaga kebersihan lingkungan. (3) Faktor pendukung guru Akidah Akhlak dalam menumbuhkan sikap peduli pada peserta didik yaitu adanya DEWA (Dewan Siswa), kontribusi guru lain di MAN 3 Sleman yang termasuk faktor dominan, dan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu penggunaan gadget secara berlebihan dan kurangnya kesadaran peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru KW - Akidah Akhlak KW - Sikap Peduli KW - Era Society 5.0 M1 - skripsi TI - PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN SIKAP PEDULI PESERTA DIDIK PADA ERA SOCIETY 5.0 DI MAN 3 SLEMAN AV - restricted EP - 142 ER -