TY - THES N1 - Pembimbing: Ir. Aulia Faqih Rifa?I, M.Kom. ID - digilib65497 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65497/ A1 - Muhammad Anas Abbas, NIM.: 20106050063 Y1 - 2024/05/29/ N2 - Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk penerapan e-learning. E-learning memungkinkan siswa untuk belajar kapan saja dan di mana saja dengan memanfaatkan berbagai teknologi seperti komputer dan perangkat mobile. Namun, efektivitas e-learning sangat bergantung pada kualitas antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang ulang antarmuka web e-learning di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdasarkan prinsip-prinsip design thinking. Berdasarkan survei pra-penelitian, 84,8% responden menyatakan bahwa tampilan interface e-learning UIN Sunan Kalijaga masih memerlukan perbaikan. Proses perancangan ulang UI/UX dilakukan dalam lima tahap: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Setelah melalui proses tersebut, prototipe baru diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Pengujian awal dengan 83 mahasiswa menghasilkan skor SUS sebesar 72,7, yang masuk dalam kategori "good". Pengujian kedua setelah perbaikan desain menghasilkan skor SUS sebesar 91,6, masuk dalam kategori "excellent". Perbandingan hasil menunjukkan peningkatan sebesar 25,97%, membuktikan bahwa desain ulang berhasil meningkatkan usability dan estetika tampilan e-learning UIN Sunan Kalijaga secara signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan design thinking mampu merancang ulang antarmuka pengguna yang lebih memuaskan, menjawab kebutuhan serta keresahan pengguna. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - E-learning; User interface; User experience; Design Thinking M1 - skripsi TI - REDESIGN DAN REKONSTRUKSI USER INTERFACE/USER EXPERIENCE MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: E-LEARNING UIN SUNAN KALIJAGA) AV - restricted EP - 111 ER -