relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65525/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTS N 1 BANTUL creator: Muhammad Ghozil Aulia, NIM.: 20104010079 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil pembelajaran Akidah Akhlak siswa di MTs N 1 Bantul. Lebih dari 50% siswa mendapat nilai ulangan harian di bawah Kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, model pembelajaran dihadapkan pada tantangan dan memerlukan inovasi. Guru sering menghadapi tantangan dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan saat ini. Guru harus mengaitkan model pembelajaran dengan kehidupan dan merasakan rasa kerjasama dengan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran TANDUR terhadap pemahaman konsep Akidah Akhlak siswa di MTs N 1 Bantul dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi-eksperimen. Bentuk desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design, penelitian ini dilakukan di MTs N 1 Bantul. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan kelompok kelas, sehingga ditentukan subjek berjumlah 64 siswa dari kelas VIII D dan VIII C. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Analisis data menggunakan metode analisis statistik uji paired sampel t-test dan uji N-Gain berbantu SPSS 27 dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran TANDUR efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep Akidah Akhlak siswa di MTs N 1 Bantul. Berdasarkan uji paired sampel t-test diperoleh signifikasi (2-tiled) 0,000 < 0,05 berarti terdapat perbedaan yang signifikan di antara nilai akhir kelompok eksperimen dan kontrol. Hal tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima, maka ditarik kesimpulan model pembelajaran TANDUR efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep Akidah Akhlak siswa di MTs N 1 Bantul. Sementara itu, berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh hasil sebesar 77,01% atau 77,01% > 76% sesuai dengan ketegori efektivitas N-Gain berarti efektif. date: 2024-04-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65525/1/20104010079_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65525/2/20104010079_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Muhammad Ghozil Aulia, NIM.: 20104010079 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TANDUR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP AKIDAH AKHLAK SISWA DI MTS N 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.