%0 Thesis %9 Skripsi %A Maendra Yani Lubis, NIM.: 20104020009 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65528 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembimbing: Nurul Huda, SS., M.Pd.I %P 131 %T TAHLIILU SHU’UBAATI TA’ALLUMI FII ITQAANIL MUFRADAATI WA TARJAMATIN NUSHUSHIL ‘AROBIYYATI LI THULLABIS SHAFFIS TSAAMIN FIL MADROSATIS TSANAWIYYATIL HUKUMIYYATI 1 BANTUL YOGYAKARTA AS-SANAH AD-DIRASIYAH 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65528/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab kesulitan belajar dalam penguasaan kosakata dan penerjemahan teks bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Bantul Yogyakarta serta upaya apa yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Bantul yang berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kesulitan belajar dalam penguasaan kosakata dan penerjemahan teks bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Bantul disebabkan oleh faktor internal, faktor eksternal, faktor linguistik dan faktor non linguistik. (2) Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yaitu dengan cara memberikan motivasi kepada siswa di setiap pembelajaran bahasa Arab, siswa diminta untuk menulis dan menghafal kosakata, dan siswa diminta untuk membuat paragraf kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa sasaran. %Z Kesulitan Belajar, Kosakata, Penerjemahan