%A NIM.: 20104020021 Isnaini Maulidia Annisa %O Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I %T TATHBIQ AT-THARI QAH SCRAMBLE ’ALA RABTHI AL-HURUF AL-‘ARABIYYAH FI TA’LIM MAHARAH AL-KITABAH LI AS-SHAFF AS-SALIS BI AL-MADRASAH AL-IBTIDAIYYAH AL-HIDAYAH MANGLI JEMBER LI AS-SANAH AD-DIRASIYYAH 2023/2024 %X Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana implementasi metode scramble dalam menyambung huruf Arab pada pembelajaran maharatul kitabah kelas III MI Al-Hidayah Mangli Jember tahun ajaran 2023/2024. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode scramble dalam menyambung huruf Arab pada pembelajaran maharatul kitabah kelas III MI Al-Hidayah Mangli Jember tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data penelitian ini yaitu guru bahasa Arab dan siswa kelas III A MI Al-Hidayah Mangli Jember tahun ajaran 2023/2024 dengan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode scramble dalam menyambung huruf Arab pada pembelajaran maharatul kitabah terbagi menjadi 3 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun faktor pendukung implementasi metode scramble adalah antusias dan semangat yang tinggi pada siswa, terdapat unsur permainan, penggunaan media pembelajaran yang menarik, pembagian kelompok diskusi secara heterogen/acak, pemberian pemahaman tentang pembagian kelompok, dan pemberian hadiah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, keterbatasan guru dalam memahami kondisi siswa, kemampuan belajar siswa yang rendah, tidak semua siswa aktif di kelompoknya, dan keterbatasan waktu . %K Metode Scramble, Menyambung Huruf Arab, Maharatul Kitabah, Bahasa Arab %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib65532