@phdthesis{digilib65538, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS BUDAYA NYADRAN MAKAM SEWU KABUPATEN BANTUL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104040005 Hilmy Faizah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd.}, keywords = {LKPD, Budaya Nyadran Makam Sewu, Kemampuan Koneksi Matematis, Segitiga, Segiempat}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65538/}, abstract = {Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik karena dapat memudahkan dalam memahami materi matematika. Kemampuan koneksi matematis yang dimiliki oleh peserta didik dapat difasilitasi dengan penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Tujuan dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengembangkan LKPD berbasis budaya Nyadran Makam Sewu Kabupaten Bantul untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematis yang berkualitas. LKPD yang dikembangkan dapat dikatakan berkualitas jika telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi LKPD, lembar validasi soal tes kemampuan koneksi matematis, lembar angket respon guru terhadap LKPD, lembar angket respon peserta didik terhadap LKPD, dan lembar tes kemampuan koneksi matematis. Subjek penelitian yaitu validator ahli dan peserta didik sebagai subjek uji coba skala kecil dan subjek uji coba skala besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid berdasarkan penilaian dari ahli materi mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,94 yang berada pada kriteria ?tinggi? dan dari ahli media mendapatkan skor rata-rata sebesar 0,93 yang berada pada kategori ?tinggi?. Praktis berdasarkan hasil angket respon guru dengan skor rata-rata sebesar 3,8 yang berada pada kriteria ?sangat praktis? dan hasil angket peserta didik dengan skor rata-rata sebesar 3,07 yang berada pada kriteria ?praktis?. Efektif berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis dengan persentase peserta didik yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 61,29\% yang berada pada kriteria ?efektif?. Maka dari itu, LKPD dinyatakan berkualitas dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran} }