%0 Thesis %9 Skripsi %A SHAKTI DEVINTA, NIM.: 06210013 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Dakwah/ %D 2011 %F digilib:6554 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K strategi, komunikasi dakwah, Radio Tsania FM., hibbul wathon minal iman %T STRATEGI KOMUNIKASI DAKWAH RADIO TSANIA FM DALAM MEWUJUDKAN HUBBUL WATHON MINAL IMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6554/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untukmengetahui target yang akan dicapai oleh Radio Tsania FM dan program dan kegiatan apa saja yang dilakukan untuk mencapai target yang ditetapkan dalam mewujudkan Hubbul Wathon Minal Iman. Selain itu penelitian ini untuk melakukan evaluasi atas target apa saja yang telah dicapai oleh Radio Tsania FM dalammewujudkanHubbulWathonMinalIman. Penelitian ini merupakan penelitianyang menitikberatkan dengan menggunakan data-data kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan mengambil lokasi di Radio Tsania FM Kabupaten Brebes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana data yang diperoleh akan digambarkan sedemikian rupa, sehingga sesuai dengan kenyataan dan dianalisa secara kualitatif, guna memperoleh jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 target yang akan dicapai oleh Radio Tsania FM, Pertama, untuk memberikan suatu masukan kepada pendengar untuk memahami konsep-konsep yang relevan dengan hubbul wathon minal iman. Kedua, untuk juga menjawab isu-isu yang sedang hangat di masyarakat tentang hubbul wathon minal iman sehingga tidak terjadi kesimpang siuran informasi. Ketiga, memberikan rasa percaya kepada masyarakat dan pendengar kepada konsep hubbul wathon minal iman sebagai upaya untuk menghubungkan umat islam dalam menjalankan kegiatan ukhuwah islamiahnya. Program On Air yang dilakukan diantaranya yang dianggap unggulan adalah Lesehan, Riset, Sonten Fresh, dan Jip-Ping (Ngaji Kuping). Adapun Kegiatan Off Air yang dilakukan meliputi membangun image melalui kunjungan ke Radio Tsania, event pengajian dan kegiatan kemanusiaan, atraksi bela negara bekerjasama dengan Kodim 0713, talkshow dan lomba-lomba. Berdasarkan hasil evaluasi terlihat bahwa ketiga target yang sudah ditetapkan oleh Radio Tsania FM sudah bisa dicapai dengan optimal. div %Z Pembimbing: Drs. H.M. Kholili M.Si.