TY - THES N1 - Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd., Si., M.Pd. ID - digilib65544 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65544/ A1 - Latifatul Izzah, NIM.: 20104040063 Y1 - 2024/05/28/ N2 - Peserta didik yang mempunyai kemampuan penalaran yang baik akan mudah memahami materi matematika dan sebaliknya peserta didik yang kemampuan penalaran matematikanya rendah akan sulit memahami materi matematika. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penalaran matematis peserta didik di Indonesia memiliki pondasi yang masih lemah. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut maka digunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. Selain itu, pendekatan RME sebagai pendekatan pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dapat menggunakan pembelajaran berbasis budaya yang menghubungkan antara konsep matematika dengan kebudayaan atau dapat disebut etnomatematika. Digunakannya pendekatan Etno- RME tersebut dapat mengatasi rendahnya kemampuan penalaran terlebih pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Etno-RME untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah 4D. Tahap 4D meliputi Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan di SMPN 15 Yogyakarta. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dosen pendidikan matematika, guru mata pelajaran matematika, dan peserta didik kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. Kriteria kevalidan LKPD ini dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil penilaian ahli pada segi media dan materi, serta dari hasil uji coba lapangan pada segi kepraktisan dan keefektifan. LKPD ini telah melewati penilaian dari dua jenis ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil dari penilaian ahli media dan materi mendapat nilai yang sama sebesar 4,6 (sangat baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan nilai untuk angket respon guru sebesar 3,3 (baik) dan angket respon peserta didik sebesar 3,1 (baik). Hasil keefektifan mendapatkan persentase ketuntasan sebesar 85% dari hasil posttest yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi kemampuan penalaran matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Etno-RME berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) KW - Etno-RME KW - Kemampuan Penalaran Matematis M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-RME PADA MATERI PERBANDINGAN SENILAI DAN BERBALIK NILAI UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK AV - restricted EP - 407 ER -