relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65553/ title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD creator: Sagita Deswalya, NIM.: 20104060036 subject: 371.33 Media Pembelajaran description: Perkembangan digitalisasi pendidikan menjadikan pembelajaran supaya bisa tervisualkan secara digital melalui komputer. Google sites menjadi salah satu alternatif untuk membuat media pembelajaran digital, tak terkecuali media pembelajaran sistem periodik unsur. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran google sites khususnya pada materi sistem periodik unsur karena pada kurikulum merdeka sudah tidak dipelajari lagi. Padahal materi sistem periodik unsur menjadi konsep dasar untuk mempelajari materi kimia lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran google sites, dan menganalisis kualitas google sites pada materi sistem periodik unsur menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berdasarkan validasi dosen ahli dan penilaian guru kimia serta respon peserta didik terhadap website google sites pada materi sistem periodik unsur dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model PPE (Planning, Production, and Evaluation). Produk yang dikembangkan dikonsultasikan kepada dosen pembimbing, divalidasi oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan diberi masukan oleh lima peer reviewer. Kemudian produk dinilai oleh lima reviewer (guru kimia SMA/MA) serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas X. Penilaian kualitas oleh reviewer dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket skala Guttman. Sedangkan respon peserta didik dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa lembar respon skala Likert. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasis google sites pada materi sistem periodik unsur dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Media pembelajaran dilengkapi video pembelajaran, artikel pendukung, dan proyek tim dan individu untuk mendukung model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan dalam media pembelajaran. Hasil validasi produk oleh ahli materi dan ahli media memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil penilaian dari lima reviewer memperoleh persentase 85 % dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan memperoleh persentase sebesar 98%. Berdasarkan hal tersebut, media hasil pengembangan memiliki kualitas yang sangat baik. date: 2024-05-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65553/1/20104060036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65553/2/20104060036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Sagita Deswalya, NIM.: 20104060036 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.