%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI THOHUROTUL ULA, NIM.: 07220020 %B /S1 - Skripsi/Fakultas Dakwah/ %D 2011 %F digilib:6556 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K amp;#65279;Pengembangan Emotional Quotient, Siswa Sekolah %P 114 %T PENGEMBANGAN EMOTIONAL QUOTIENT PADA ANAK (STUDI PADA SISWA KELAS VII MTsN YOGYAKARTA 1) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6556/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan EQ dan aspek yang dikembangkan dalam pengembangan EQ pada siswa di MTsN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dan berkaitan dengan rumusan masalah yaitu: cara mengembangkan EQ siswa kelas VII MTsN Yogyakarta 1 dan Aspek apa saja yang dikembangkan dalam pengembangan EQ pada siswa kelas VII MTsN Yogyakarta 1. Sumber data penelitian ini adalah guru BK kelas VII MTsN Yogyakarta 1 yaitu Ibu Utaminingsih, S.Pd, dan siswa kelas VII MTsN Yogyakarta 1 sebanyak 9 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengolah data yang telah diperoleh selama penelitian kemudian secara sistematis diinterpretasikan ke dalam laporan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Cara guru bk dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VII di MTsN Yogyakarta, dengan cara yang diterapkan pada siswa yaitu membuka hati, menjelajahi emosi dan tanggung jawab. 2) Aspek yang dikembangkan dalam pengembangan EQ pada siswa kelas VII MTsN Yogyakarta 1, yaitu dengan cara penerapan indikator-indikator dari kecerdasan emosi itu sendiri, adapun indikator kecerdasan emosi yang diterapkan pada siswa yaitu pada kesadaran diri siswa, pengaturan diri siswa, emosi siswa, empati dan keterampilan sosial siswa, yang dilakukan dengan cara mengembangkan perilaku siswa sehari-hari di lingkungan sekolah. div %Z Pembimbing: Irsyadunnas, M.Ag.