%0 Thesis %9 Skripsi %A Khafifah Aulia Wulayalin, NIM.: 20104060050 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65560 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pembelajaran Kimia, Pendidikan Inklusif, Multiple Means Of Representation, Siswa Penyandang Disabilitas %P 75 %T RANCANGAN MATERI KIMIA AKSESIBEL: STUDI DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65560/ %X Tren siswa penyandang disabilitas yang bersekolah di sekolah menengah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Indonesia semakin meningkat. Tren ini menuntut guru sebagai orang yang berperan penting dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan setiap siswa, termasuk siswa dengan disabilitas. Penelitian ini memotret bagaimana guru kimia menyediakan mode representasi alternatif sebagai salah satu prinsip dari Universal Design for Learning (UDL). Tiga reponden guru dari tiga Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI) di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta direkrut secara purposif dan setuju untuk diwawancarai tentang bagaimana mereka memvariasikan format konten kimia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis konten terarah diterapkan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa konten pembelajaran kimia dibuat lebih mudah diakses oleh siswa dengan disabilitas. Tiga responden guru kimia menunjukkan bahwa mereka menerapkan prinsip Multiple Means of Representation dari UDL dengan cara yang sederhana. Para partisipan membuat tujuan pembelajaran tanpa memodifikasinya agar sesuai dengan kemampuan siswa. Konten pembelajaran ditawarkan dengan berbagai cara dan disampaikan dengan beberapa strategi. Responden guru kimia mendemonstrasikan bagaimana mereka memberikan berbagai penilaian untuk memberikan kesempatan kepada siswa dengan disabilitas untuk menunjukkan pemahaman mereka. %Z Pembimbing: Jamil Suprihatinigrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.