eprintid: 65562 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/55/62 datestamp: 2024-07-05 02:13:26 lastmod: 2024-07-05 02:13:26 status_changed: 2024-07-05 02:13:26 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Fitrotun Anisumarni, NIM.: 17104020067 title: KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kreativitas Guru, Media; Pembelajaran note: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si abstract: Adanya pembelajaran daring membuat siswa mengalami minat belajar berkurang dikarenakan ada sebagian siswa VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta yang masih pemula dalam mengenal bahasa Arab. Oleh karena itu, pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran akan memengaruhi tingkat minat belajar siswa. Media pembelajaran yang mudah digunakan dan memiliki fitur-fitur yang cukup baik seperti whatsapp yang secara tidak langsung juga dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelbagai kreativitas guru dalam mengajar bahasa Arab pada siswa VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dan selanjutnya buah hasil dari kreativitas guru yang berdampak baik pada siswa VII D akan menjadi penelitian lanjutan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun data diperoleh melalui wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Negeri 1 Yogyakarta serta sebagai penguat data didapatkan melalui dokumentasi dan observasi lapangan. Hasil dari penelitian kreativitas guru dalam mengajar bahasa Arab pada siswa kelas VII D MTs Negeri 1 Yogyakarta menunjukkan bahwa: bentuk kreativitas guru dalam bahasa Arab menggunakan berbagai macam media online sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan dan kebijakan yang ada, faktor pendukung kreativitas guru bahasa Arab meliputi peran kepala madrasah dalam memberikan fasilitas, peran guru dalam mengikuti pelatihan-pelatihan pembelajaran, penggunaan media online dalam pembelajaran. Adapun faktor penghambat kendala teknis jaringan internet dan listrik yang terkadang bermasalah, kurangnya penguasaan pengoperasian guru dan siswa menggunakan media online, kurangnnya motivasi wali kelas dan wali siswa dalam belajar bahasa Arab, lingkungan tempat tinggal siswa yang tidak begitu mendukung. date: 2024-05-22 date_type: published pages: 84 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fitrotun Anisumarni, NIM.: 17104020067 (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENGAJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS VII D MTS NEGERI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65562/1/17104020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%282%29.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65562/2/17104020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%281%29.pdf