relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65568/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR creator: Adfana Zuhra Senjayani, NIM.: 20104080008 subject: 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran description: Kurikulum merdeka menstimulasi siswa untuk belajar secara mandiri, memperkuat kemampuan berpikir kritis, dan berkolaborasi. Siswa diajak untuk berinteraksi satu sama lain, berbagi ide dan menghubungkan pembelajaran dengan dunia nyata. Namun pada kenyataanya kemampuan kolaborasi belajar di kelas IV MI Muhammadiyah krakitan masih kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkapkan efektif atau tidak dan seberapa efektif model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) terhadap kemampuan kolaborasi belajar siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Krakitan. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Intsrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan angket. Angket yang digunakan dalam penelitian yaitu angket kemampuan kolaborasi belajar siswa. Responden dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Krakitan yang berjumlah 48 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT (Teams Games Tournament) efektif meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa dibandingkan model pembelajaran Cooperative Learning pada kelas kontrol yang dibuktikan melalui uji hipotesis Independent Sample t-Test dengan hasil signifikansi (sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,005 sehingga Hâ‚€ ditolak. Artinya terdapat perbedaan rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar. Selain itu didukung dengan nilai N-gain pada kelas eksperimen yaitu sebesar 57,9% (cukup efektif) dan kelas kontrol sebesar 9,77% (tidak efektif). date: 2024-05-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65568/1/20104080008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65568/2/20104080008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: Adfana Zuhra Senjayani, NIM.: 20104080008 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP KEMAMPUAN KOLABORASI BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.