@phdthesis{digilib65569, month = {May}, title = {IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TRADITIONAL BULLYING DI SD MUHAMMADIYAH KLECO KOTAGEDE YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104080015 Tias Sekar Nurjanah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Maemonah, M.Ag}, keywords = {Sekolah Ramah Anak, Traditional Bullying, Program Sekolah}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65569/}, abstract = {Fenomena bullying di sekolah telah menjadi bahaya laten yang dapat muncul kapan saja di lingkungan pendidikan. Tipe bullying yang kerap terjadi pada anak usia sekolah dasar adalah traditional bullying yakni jenis bullying dalam bentuk bullying verbal, fisik, maupun psikologi. Memutus mata rantai bullying merupakan tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan kondusif. Sekolah ramah anak lahir sebagai kebijakan untuk memenuhi, menjamin, serta melindungi hak-hak anak dalam lingkungan sekolah agar terhindar dari kasus kekerasan dan tindakan diskriminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede; 2) Dampak Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco Kotagede. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan informan penelitian. Terdapat 15 (lima belas) orang informan penelitian, yaitu 1 (satu) orang kepala sekolah, 1 (satu) orang koordinator tim sekolah ramah anak, 2 (dua) orang guru kelas, 10 (sepuluh) orang peserta didik, dan 1 (satu) tenaga kependidikan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari model Miles and Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Adapun teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan membercheck. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak sebagai Upaya Preventif Traditional Bullying di SD Muhammadiyah Kleco diwujudkan dalam upaya memenuhi komponen sekolah ramah anak yang berdasarkan pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 8 Tahun 2014 tentang kebijakan Sekolah Ramah Anak. Analisis implementasi berdasarkan teori Edward III, terdiri dari aspek komunikasi, Aspek sumber daya, aspek disposisi, dan aspek struktur birokrasi, 2) Dampak implementasi program sekolah ramah anak sebagai upaya preventif traditional bullying di SD Muhammadiyah Kleco dikategorikan dalam 3 (tiga) komponen utama, yang pertama kebijakan sekolah yang berprinsip anti kekerasan dan anti diskriminasi; yang kedua dampaknya terhadap peserta didik adalah meningkatnya prestasi akademik maupun non akademik, perubahan karakter kearah positif, dan berkurangnya kasus traditiona bullying di sekolah; yang ketiga adalah dampak terhadap guru yakni peningkatan kreatifitas guru terhadap pembelajaran dan peningkatan perhatian guru terhadap kenyamanan psikologis peserta didik.} }