%0 Thesis %9 Skripsi %A Alfian Nur Rifqi, NIM.: 19104010036 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65570 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Guru PAI; Nilai-nilai Multikultural; toleransi %P 139 %T OPTIMALISASI PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI SD NEGERI CATURTUNGGAL 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65570/ %X Dunia Pendidikan di Indonesia tak terlepas dari problematika yang dilatarbelakangi oleh pluralitas masyarakat yang ada. Masih kerap terjadi kasus tawuran, pertikaian bahkan perundungan yang didasari perbedaan latar belakang siswa, baik identitas sosial maupun cara pandangnya. Oleh karena itu, seorang Guru harus memiliki peran optimal dalam menanamkan nilai-nilai multikultural kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana optimalisasi peran guru Pendidikan Agama Islam dalam penanaman nilai-nilai multikultural serta bagaimana respon siswa terhadap penanaman nilai-nilai multikultural di SD Negeri Caturtunggal 3 Depok Sleman Yogyakarta. Jenis Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber untuk memeriksa kecocokan data yang diperoleh dari beberapa sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan proses pengumpulan data, merangkum data, penyajian data secara tersusun, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Guru PAI di SD Negeri Caturtunggal 3 menjalankan perannya secara optimal sebagai informator, pembimbing, contoh teladan, pengelola kelas, dan evaluator bagi siswa dalam dalam penanaman nilai-nilai multikultural di lingkungan sekolah. Guru menggunakan beberapa metode seperti metode cerita, keteladanan, pembiasaan, dan video pembelajaran. Tantangan yang dihadapi guru adalah kurangnya ketersediaan bahan bacaan di sekolah, sedangkan faktor pendukungnya adalah para guru yang saling bekerja sama serta pola asuh orang tua yang mendukung tertanamnya nilai-nilai multikultural pada diri siswa. (2) siswa memiliki respon positif terhadap penanaman nilai-nilai multikultural sehingga dapat memahami serta menerapkan sikap toleran, persatuan, dan saling menghargai antar sesame dalam kehidupan sehari-hari. %Z Pembimbing: Indriyani Ma’rifah, M.Pd.I.