TY - THES N1 - Pembimbing: Siti Zubaedah, M.Pd ID - digilib65572 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65572/ A1 - Galuh Riski Anggraeni, NIM.: 17104030017 Y1 - 2024/05/28/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kelompok B yang berusia 5-6 tahun di TK Tunas Karya Golok Banyuurip Purworejo belum mampu mengenal huruf, hal ini disebabkan oleh kurangnya anggaran untuk kegiatan pembelajaran di TK. Sehingga mengharuskan guru di TK Tunas Karya Golok Banyuurip membuat media pembelajaran sendiri dengan media seadanya yang tidak dapat memikat daya tarik anak. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) implementasi media kartu gambar untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini di TK Tunas Karya Golok, (2) mengetahui hasil implementasi media kartu gambar untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini di TK Tunas Karya Golok. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriktif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TK Tunas Karya Golok Banyuurip Purworejo. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas dan peserta didik Kelompok B sebanyak 15 Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) Dokumen. Analisis data dilakukan model Miles dan Hiberman yaitu reduksi, data display dan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi media kartu gambar untuk mengenalkan huruf pada anak usia dini di TK Tunas Karya Golok langkah- langkah menentukan tema, menyiapkan media kartu kata bergambar, mengenalkan huruf dan kata kepada anak, menyiapkan alat dan bahan, memberikan kegiatan kepada anak, membagi anak ke dalam beberapa kelompok, menerapkan media kartu gambar bertujuan agar anak dapat mengenal dan menyebutkan gambar, sukukata, dan huruf vokal. (2) adapun hasil dari peimplementasian media kartu gambar untuk mengenalkan huruf pada anak uisa dini di TK Tunas Karya Golok Kelompok B berupa anak mampu menjawab pertanyaan sesuai dengan pertanyaan, menyebutkan kata-kata yang dikenal, memperkaya perbendaharaan kata, dan mengenal simbol-simbol. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi; Kartu gambar; Mengenalkan Huruf; Anak Usia Dini M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENGENALKAN HURUF PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS KARYA KELOMPOK B DESA GOLOK BANYUURIP PURWOREJO AV - restricted EP - 155 ER -