@phdthesis{digilib65574, month = {May}, title = {PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LOOSE PART DI KELAS ABU BAKAR RA AN-NISA YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030047 Intan Chysara}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.,}, keywords = {Media Pembelajaran; Loose Parts; RA An Nisa Yogyakarta}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65574/}, abstract = {Latar belakang penelitian ini adalah berubahnya kurikulum k13 menjadi kurikulum merdeka. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan dan faktor pendukung serta faktor penghambat media pembelajaran Loose Part di kelas Abu Bakar RA An-Nisa Yogyakarta. Media loose part sendiri diartikan sebagai media yang menggunakan bahan bekas sebagai bahan inovasi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun langkah-langkah pembelajaran diawali dari perencanaan pelaksanaan meliputi guru memulai dengan berdoa, mengajak anak bernyanyi dengan gerakan, menceritakan dongeng sederhana dan penyampaian kegiatan pembelajaran. Sedangkan evaluasi pembelajaran yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi menggunakan media loose part. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Loose Part di RA An-Nisa Yogyakarta terdiri dari beberapa langkah dalam penerapannya meliputi strategi yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran menggunakan media loose part yaitu guru menyampaikan tema pembelajaran sesuai RPP yang telah dibuat seperti kedai jus kemudian menanyakan kepada anak bahan apa saja yang diperlukan. Setelah anak memilih guru memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi hingga pada akhir waktu yang ditentukan anak melakukan persentasi atas hasil karya nya. Penerapan media ini mempunyai hambatan meliputi perubahan kurikulum yang membuat guru harus beradaptasi dalam menerapkan kurikulum Merdeka. Selanjutnya dari aspek pendukung media Loose Part ini terdiri dari perencanaan pembelajaran, mudah diperoleh di lingkungan anak, proses belajar dan mengajar sesuai dengan karakteristik anak RA yakni belajar sambil bermain serta anak lebih menyukai pembelajaran yang bersifat konkret atau nyata.} }