TY - THES N1 - Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd ID - digilib65575 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65575/ A1 - Tantri Yuly Astuti, NIM.: 20104080016 Y1 - 2024/// N2 - Pembelajaran IPAS utamanya dalam materi IPS banyak yang bersifat hafalan, jika pembelajaran hanya dilakukan dengan ceramah peserta didik akan merasa bosan dan malas untuk belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat menarik peserta didik supaya semangat dalam belajar, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh dan besarnya pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu media Papan Keberagaman terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Suronatan pada materi keragaman budaya dan kearifan lokal. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas dan variable terikat. Dimana variabel bebasnya yaitu model pembelajaran teams games tournament (TGT) dan variabel terikatnya hasil belajar peserta didik. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Suronatan tahun ajaran 2023/2024 dengan mengambil sampel pada kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen di beri perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan pada kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif hanya dengan diskusi tanpa adanya games dan tournament. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independen Sample T Test. Analisis data dibantu dengan software IBM SPSS 25,00. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam kegiatan belajar mengajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Suronatan materi keragaman budaya dan kearifan lokal menunjukkan hasil adanya pengaruh terhadap hasil belajar dibandingkan dengan model kooperatif yang hanya menggunakan diskusi saja. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil Uji Independen Sample T Test dengan nilai signifikasi sebesar 0,001< 0,05 dan hasil uji N-gain kelas eksperimen sebesar 0,562 sedangkan kelas kontrol 0,326 yang masuk dalam kategori sedang, dimana untuk besarnya pengaruh model pembelajaran TGT terhadap hasil belajar peserta didik persentasenya sebesar 40,26%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Hasil Belajar KW - IPAS KW - Keragaman Budaya KW - Teams Games Tour M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTU MEDIA ?PAPAN KEBERAGAMAN? TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SURONATAN AV - restricted EP - 165 ER -