@phdthesis{digilib65588, month = {May}, title = {UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK MASYITHOH V KEMLOKO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 17104030077 Ismi Nur Mahmudah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr.Ichsan M.Pd}, keywords = {Upaya Guru; Motorik Halus; Kelompok A}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65588/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan anak menyangkut segala aspek yaitu aspek bahasa, aspek fisik (motorik kasar dan motorik halus), aspek sosial emosional, aspek kognitif, dan aspek nilai moral agamaPada umumnya di beberapa TK/PAUD masih banyak yang melakukan pembelajaran secara monoton seperti, anak hanya diberikan tugas untuk mewarnai, menggunting atau menempel saja. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui (1) keadaan motorik halus anak di TK Masyithhoh V Kemloko, (2) upaya guru dalam meningkatkan motorik halus pada Anak Kelompok A di TK Masyithoh V Kemloko, (3) mengetahuai faktor penghambat dan pendukung upaya guru dalam meningkatkan motorik halus pada Anak Kelompok A di TK Masyithoh V Kemloko. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian ini disebut metode penelitian lapangan (Field research). Lokasi penelitian dilakukan di TK Masyithoh V Kemloko, Srimartani, Piyungan, Bantul, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada September-november 2021. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelompok A TK Masyithoh V Kemloko. Obyek penelitian keterampilan motoric halus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dab dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan conclusion drawing / verivication. Teknik uji keabsahan data ini menggunakan uji creadibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keadaan motorik halus anak di TK Masyithoh V Kemloko belum baik, hal ini dibuktikan dengan belum mampunya anak dalam melakukan koordinasi tangan dan mata, menggunakan alat-alat serta keterampilan menyusun dan menyortir. (2) Hal ini dapat diatasi dengan upaya guru dalam meningkatkan motorik halus anak dengan cara melakukan pembelajaran dengan memanfaatkan plastisin, pasir kinetic, tanah liat dan finger painting sehingga mampu menunjang pergerakan motorik halus, melakukan pendampingan pada anak, kegiatan pembelajaran terfokus pada anak dan melakukan pemantauan pada anak secara berkala. (3) Upaya guru ini dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa lingkungan sekitar anak, kematangan dan kemampuan anak serta motivasi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu perkembangan usia anak yang belum siap dan belum matangnya organ fisiologis anak.} }