%A NIM.: 07220053 UMI AISYAH %O Pembimbing: Drs. Abdullah, M.Si. %T KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN YOGYAKARTA I %X ABSTRAK Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya masalah kurang motivasi belajar yang dihadapi oleh para siswa MAN Yogyakarta I khususnya di kelas X pada tahun pelajaran 2010/2011, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa melalui konseling individual. Dimana konseling individual yang diberikan pada kelas X lebih diprioritaskan agar siswa mampu mengatasi masalah kurang motivasi belajar.Oleh karena itulah, penyusun tertarik untuk meneliti lebih jauh mengenai pelaksanaan serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan konseling individual yang ada di MAN Yogyakarta I dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Yogyakarta I. Juga Untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Yogyakarta I. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MAN Yogyakarta 1. Subyek penelitian ini adalah guru BK dan 9 siswa kelas X yang mengikuti konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Yogyakarta 1, sedangkan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Yogyakarta 1diselenggarakan dengan sistematis dan terstruktur. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, analisis hasil evaluasi, tindak lanjut, dan laporan. Melalui penelitian ini juga diketahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konseling individual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MAN Yogyakarta 1 sehingga dapat dijadikan bahan evaluasi guru BK untuk terus meningkatkan kualitas pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling. div %K konseling individual, motivasi belajar siswa %D 2011 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %L digilib6559