%A NIM.: 17104080064 Robi'ah Nur aini %O Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd, Si %T TINGKAT LITERASI NUMERASI SISWA KELAS 5 MI DI KECAMATAN MUNTILAN %X Penelitian ini menganalisis tingkat kemampuan literasi numerasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Muntilan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan secara sistematis. Da ta penelitian diperoleh melalui tes literasi numerasi yang diberikan kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI di Kecamatan Muntilan, dan sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan st atistik deskriptif untuk menginterpretasikan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata tingkat literasi numerasi siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata rata 716. Dari total 154 siswa, mayoritas siswa kelas V di MI Kecamatan Munti lan berada pada tingkat literasi numerasi sedang dengan persentase sebesar 64.47%. Persentase siswa dengan literasi numerasi tinggi adalah 17.11%, sedangkan yang berada pada tingkat rendah adalah 18.42%. 18.42%.. Dapat disimpulkan bahwa tingkat literasi numerasi s iswa masih berada pada tingkat sedang, yang disebabkan oleh kurangnya latihan soal baik di sekolah maupun di luar sekolah. Akibatnya, siswa belum sepenuhnya mampu menginterpretasikan masalah dan bekerja dalam situasi yang kompleks. Dengan demikian, penelit ian ini memberikan gambaran yang penting tentang kondisi literasi numerasi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Muntilan, serta menyoroti kebutuhan akan peningkatan latihan soal untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada tingkat yang lebih tinggi. %K Literasi numerasi; Siswa kelas V MI; Kecamatan Muntilan. %D 2024 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib65605