relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65623/ title: MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 PADAHERANG PANGANDARAN 2024 creator: Sheni Nugrahwati Utami, NIM.: 19104010104 subject: Pendidikan Agama Islam description: Latar belakang penelitian ini adalah ketika siswa tidak memiliki basic sedari dini dalam membaca dan menulis Al-Qur’an, maka tentunya ketika masuk pada jenjang sekolah menengah (SMP) akan kesulitan dalam membaca dan menulis Al- Qur’an, seperti halnya yang terjadi di SMP 1 Negeri Padaherang. Di sekolahan tersebut tidak ada mata pelajaran secara khusus untuk membaca dan menulis Al- Qur’an. Adapun tujuan ini adalah untuk 1) menjelaskan mengenai apa yang menjadi faktor siswa di SMP 1 Negeri Padaherang kesulitan dalam dalam baca tulis Al-Qur’an 2024, 2) menjelaskan dan mengenalisis mengenai bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar di SMP 1 Negeri Padaherang dalam mengatasi masalah siswa kesulitan baca tulis Al-Qur’an 2024, 3) menjelaskan bagaimana hasil bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 1 Padaherang 2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi wawancara, dan dokumentasi. Pengujian dan keabsahan data dilakukan melalui prosedur cek ulang secara cermat, ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwal; pertama, faktor yang menjadi penyebab siswa SMP Negeri 1 Padaherang 2024 kesulitan dalam membaca dan menulis dikelompokkan menjadi beberapa faktor, yaitu; faktor sekolah, faktor Guru atau pendidik, faktor siswa atau peserta didik. Kedua, pelaksanaan bimbingan belajar guna mengatasi siswa kesulitan membaca dan menulis SMP Negeri 1 Padaherang yaitu dengan melakukan beberapa tahapan, yaitu; pertama, tahapan identifikasi kebutuhan, tahapan analisis kebutuhan, tahapan pemberian layanan bimbingan. Namun demikian, ada satu tahapan yang tidak dilakukan dalam pelaksanaan bimbingan belajar guna mengatasi siswa kesulitan membaca dan menulis SMP Negeri 1 Padaherang yaitu tahapan evaluasi. Ketiga, bimbingan belajar dalam mengatasi kesulitan membaca dan menulis Al-Qur’an pada siswa SMP Negeri 1 Padaherang 2024 dinilai efektif. Hal ini bisa dilihat dari kemampuan siswa dapat membaca dan menulis Al-Qur’an dengan membaik jika dibandingkan dengan sebelum dan sesudah adanya program bimbingan belajar. date: 2024-04-03 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65623/1/19104010104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65623/2/19104010104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR-1.pdf identifier: Sheni Nugrahwati Utami, NIM.: 19104010104 (2024) MENGATASI KESULITAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 PADAHERANG PANGANDARAN 2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.