relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65628/ title: IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS 5C SD IT HIDAYATULLAH SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024 creator: Muhamad Afnan Alqudsi, NIM.: 19104020087 subject: 492.707 6 Bahasa Arab - Metode Belajar description: bahasa Arab sehingga siswa sulit untuk memahami materi yang telah diajarkan, serta tidak adanya metode yang menarik sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran yang terus menerus dan juga minat siswa yang rendah. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi mengenai metode mind mapping untuk meningkatkan penguasaan mufrodat Bahasa Arab. Subjek penelitian ini siswa kelas 5 SD IT Hidayatullah Sleman. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa Arab dan memetakan bagaimana metode Mind mapping ini digunakan dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab. Alasan memilih metode ini karena penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran lebih efektif karena otak lebih mudah menangkap informasi melalui bentuk visual yang menarik. Adapun langkah-langkah mind mapping dalam pembelajaran dengan memulai dari tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar, gunakan gambar atau foto untuk ide sentral, gunakan berbagai warna, hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua, begitupun seterusnya, buatlah garis hubung yang melengkung, gunakan satu kata kunci untuk setiap garis, dan gunakan gambar. Hasil penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata dari pretest dalam peningkatan mufrodat siswa kelas 5C SD IT Hidayatullah data hasil pretest yakni 68 & data hasil posttest yakni 88 dengan nilai rata-rata pretest kelas sebesar 2245 menjadi 2860 atau meningkat sebesar 216 dengan penilaian skala guttman.. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata 2860 yaitu sebesar 75% pada kelas 5C yang termasuk dalam kategori cukup efektif untuk memudahkan siswa dalam membuat mind mapping date: 2024-04-23 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65628/1/19104020087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA%20%282%29.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65628/2/19104020087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR%20%281%29.pdf identifier: Muhamad Afnan Alqudsi, NIM.: 19104020087 (2024) IMPLEMENTASI METODE MIND MAP DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB SISWA KELAS 5C SD IT HIDAYATULLAH SLEMAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.