@phdthesis{digilib65630, month = {May}, title = {PENERAPAN KITAB AZKAR AS-SALAH PADA ANAK USIA DINI DI MADRASAH DINIYAH AL-MU?ABADAH KOPENSARI SRIMARTANI PIYUNGAN BANTUL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 19104030026 Uswatun Khasanah}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Dr. Rohinah, S. Pd. I., M. A}, keywords = {Kitab A{\.z}kar A{\d s}-{\d S}alah; Anak Usia Dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65630/}, abstract = {Latar belakang penelitian yaitu pentingya menanamkan ibadah {\d s}alat kepada anak usia dini dengan baik dan benar dengan dasar pondasi yang kuat melalui ajaran agama yang sesuai dengan kaidah dan aturan syariat, sehingga anak dalam melakukan ibadah {\d s}alat tidak hanya meniru perilaku orang dewasa namun juga harus mengetahui ilmunya. Di antaranya ada kitab yang menjelaskan terkait dengan tatacara ibadah {\d s}alat yang cocok dan sesuai untuk diajarkan kepada anak berusia dini. Salah satu caranya yaitu menggunakan Kitab A{\.z}k?r A{\d s}-{\d S}al?h yang berisi tentang dzikir dan bacaan {\d s}alat yang mudah dipahami dan cocok dijadikan rujukan belajar anak terkait ibadah {\d s}alat. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan Kitab A{\.z}k?r A{\d s}-{\d S}al?h pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu?abadah Kopensari (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penerapan Kitab A{\.z}k?r A{\d s}-{\d S}al?h pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu{\'a}badah Kopensari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan berlokasi di Madrasah Diniyah Al-Mu?abadah Kopensari Srimartani Piyungan Bantul DIY. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan cara menggali sumber data dari pendiri sekaligus kepala madrasah, guru kelas, orang tua dan 7 anak perempuan usia 4-6 tahun yang akan menjadi obyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Kitab A{\.z}k?r A{\d s}-Salah pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu?abadah Kopensari dilakukan tiga tahap diantaranya : perencanaan meliputi tujuan dan target yaitu anak usia dini, materi yang diajarkan yaitu dzikir dan bacaan {\d s}alat yang bersumber pada Kitab A{\.z}kar A{\d s}-{\d S}alah. Pelaksanaan dilakukan dalam proses pembelajaran serta pembiasaan dan penilaian perkembangan diambil dari tes bacaan {\d s}alat dan ujian praktek {\d s}alat.(2) faktor pendukung penerapan Kitab Azkar A{\d s}-{\d S}al?h pada anak usia dini di Madrasah Diniyah Al-Mu?abadah Kopensari yaitu adanya kerjasama guru dan orang tua, konsistensi guru dalam mengajar, serta lingkungan yang baik dan nyaman. Sedangkan faktor penghambat yaitu terbatasnya waktu belajar, anak malas mengaji karena kelelahan sekolah, dan anak kurang fokus saat mengaji.} }