eprintid: 65633 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 13169 dir: disk0/00/06/56/33 datestamp: 2024-07-08 01:36:09 lastmod: 2024-07-08 01:36:09 status_changed: 2024-07-08 01:36:09 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: 198307072023212034@uin-suka.ac.id creators_name: Dewi Sari Rachmawati, NIM.: 19104030036 title: STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A2 MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI TK MASYITHOH 1 GEMAHAN ispublished: pub subjects: 372.21 divisions: pa_uds1 full_text_status: restricted keywords: Metode Project Based Learning (PJBL); Kreativitas; Anak Usia Dini. note: Pembimbing: Hafidh Aziz, M.Pd. I abstract: Kreativitas anak merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan sejak anak berada pada usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan penerapan metode Project Based Learning (PJBL) untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 di TK Masyithoh 1 Gemahan, (2) mendeskripsikan hasil penerapan metode Project Based Learning (PJBL) untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 di TK Masyithoh 1 Gemahan, (3) mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan metode Project Based Learning (PJBL) untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 di TK Masyithoh 1 Gemahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2023 yang bertempat di TK Masyithoh 1 Gemahan. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Kelompok A2, dan 19 anak Kelompok A2 TK Masyithoh 1 Gemahan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil di lapangan menunjukkan bahwa (1) Penggunaan metode Project Based Learning (PJBL) diawali dengan membuat perencanaan mulai dari perumusan Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Tujuan Kegiatan (TK), pembuatan modul ajar berdiferensiasi yang di dalamnya memuat RPPM dan RPPH. Fokus penelitian ini pada pembelajaran Intrakulikuler, pelaksanaannya dibagi menjadi dua yaitu melalui proyek kecil dan proyek besar. Dalam kontrol dan evaluasi biasanya kepala sekolah melakukan kunjungan atau supervisi sekaligus melakukan penilaian kepada guru dalam PKG (Penilaian Kinerja Guru). (2) Hasil penggunaan metode Project Based Learning (PJBL) di TK Masyithoh 1 Gemahan memiliki tingkat keberhasilan yang baik untuk mengembangkan kreativitas anak di kelompok A2 karena metode ini memiliki titik tekan untuk pengembangan kreativitas. (3) Faktor pendukung dalam penggunaan metode Project Based Learning (PJBL) untuk mengembangkan kreativitas anak kelompok A2 yaitu sumber dan media pembelajaran, dorongan internal anak serta adanya pelibatan wali murid. Adapun faktor penghambatnya adalah rasa emosional anak yang berubah-ubah, dan penyediaan media pembelajaran. Metode Project Based Learning pelaksanaannya memberikan kebebasan anak dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya melalui berbagai kegiatan pembelajaran, assessmentnya lebih mengedepankan proses dari pada hasil akhirnya. Untuk penelitian selanjutnya peneliti sarankan tidak hanya fokus pada pembelajaran intrakulikulernya tetapi juga pada projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). date: 2024-05-22 date_type: published pages: 206 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Dewi Sari Rachmawati, NIM.: 19104030036 (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK KELOMPOK A2 MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI TK MASYITHOH 1 GEMAHAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65633/1/19104030036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65633/2/19104030036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf