eprintid: 65714 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/57/14 datestamp: 2024-07-09 01:28:47 lastmod: 2024-07-09 01:28:47 status_changed: 2024-07-09 01:28:47 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Nurfitriana Diah Sulistyaningrum, NIM.: 17104080027 title: PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 ispublished: pub subjects: 375 divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: kebutuhan belajar; kurikulum merdeka; pembelajaran berdiferensiasi. note: Pembimbing: Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd abstract: Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2. Penelitian memberikan manfaat tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar kesiapan belajar, gaya belajar, dan minat belajar. Metode penelitian kualitatif deskriptif, proses pengumpulan data melalui wawancara, obervasi, dan studi dokumen yang bertempat di Kelas 2 SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 melibatkan 19 peserta didik. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Data yang didapat diolah melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran berdiferensiasi di SD Muhammadiyah Purwodiningratan 2 menunjukkan: 1) Diferensiasi konten berupa menyediakan materi dan soal dengan tingkat kesulitan yang beragam sesuai dengan kesiapan belajar peserta didik dan menyiapkan sumber belajar yang beragam sesuai dengan gaya belajar peserta didik. 2) Diferensiasi proses berupa pelaksanaan aktivitas belajar yang beragam sesuai dengan kesiapan belajar dan gaya belajar peserta didik. 3) Diferensiasi produk berupa penyajian hasil belajar yang disesuaikan dengan proses belajar yang dilaksanakan peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar kesiapan belajar dan gaya belajar sudah terlaksana cukup baik. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk berdasar minat belajar peserta didik belum pernah terlaksana. date: 2024-05-30 date_type: published pages: 131 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nurfitriana Diah Sulistyaningrum, NIM.: 17104080027 (2024) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65714/1/17104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65714/2/17104080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf