eprintid: 65719 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/57/19 datestamp: 2024-07-09 01:46:55 lastmod: 2024-07-09 01:46:55 status_changed: 2024-07-09 01:46:55 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Tijanun Baroroh Addakhil, NIM.: 18104090025 title: MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR ispublished: pub subjects: 658.3 divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: profesionalitas pendidik; MSDM; Sumber Daya Manusia note: Pembimbing: Syaefudin, M.Pd. abstract: SD Muhammadiyah Condongcatur melibatkan 36 ustaz-ustazah sebagai Sumber Daya Manusia pada pelaksanaan Program Penguatan Baca Al-Qur’an. Oleh karena itu implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia penting diperhatikan agar sekolah dapat mencapai target program tersebut. Penelitian ini berfokus terhadap aspek manajemen sumber daya manusia, khususnya profesionalitas ustaz-ustazah pada Program Penguatan Baca Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur, karena kedisiplinan, kehadiran, dan komitmen ustaz-ustazah masih dianggap rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya manusia pada tahun 2022-2023 dan bagaimana strategi peningkatan profesionalitas pendidik pada program penguatan baca Al-Qur’an pada periode selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melibatkan lima langkah teknik analisis data di antaranya: transcription, coding, grouping, comparing dan contrasting, serta interpreting. Keabsahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, implementasi manajemen sumber daya manusia menerapkan tujuh fungsi operasional manajemen sumber daya manusia. Dari tujuh fungsi tersebut, empat di antaranya kurang baik dalam implementasinya, antara lain: pengadaan yang tidak melibatkan proses seleksi; pelatihan dan pengembangan hanya dilakukan sekali dalam satu periode; kedisiplinan pegawai kurang baik karena faktor ketegasan dan hukuman; serta pemutusan hubungan kerja yang didasarkan atas kontrak kerja akan tetapi banyak yang tidak memenuhinya. Sedangkan tiga fungsi lainnya, seperti, pengintegrasian, pemeliharaan dan kompensasi dapat tergolong baik. Kedua, sekolah menerapkan strategi peningkatan profesionalitas pendidik Al-Qur’an melalui enam langkah berikut: 1) menerapkan perencanaan SDM yang intensif, 2) memperluas jaringan rekrutmen berupa digitalisasi informasi rekrutmen secara luas, penyebaran pamflet ke jaringan guru yang direkomendasikan, dan menjalin kerja sama dengan instansi dan universitas dalam menjaring sumber pelamar yang lebih kompeten. 3) melakukan seleksi secara ketat yang melibatkan tes tulis dan wawancara. 4) mengembangkan potensi ustaz-ustazah melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan. 5) melakukan penempatan yang tepat dan pendekatan secara personal. 6) meningkatkan pengawasan dan evaluasi selama proses pembelajaran. date: 2024-02-07 date_type: published pages: 204 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Tijanun Baroroh Addakhil, NIM.: 18104090025 (2024) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN STRATEGI PENINGKATAN PROFESIONALITAS PENDIDIK PROGRAM PENGUATAN BACA AL-QUR’AN SISWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65719/1/18104090025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65719/2/18104090025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf