TY - THES N1 - Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd ID - digilib65723 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65723/ A1 - Erni Rika Safitri, NIM.: 19104030046 Y1 - 2024/03/27/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada aspek perkembangan kemampuan kreativitas anak yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu, peserta didik usia 5-6 tahun, guru kelompok B, dan kepala sekolah. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari, data reduction, data display dan conclusion/verification. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut Moyudan Yogyakarta mendorong anak untuk lebih kreatif dan mengembangkan ide berbasis STEAM serta aktif terlibat dalam proses pemecahan masalah yang difasilitasi guru melalui 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) Faktor pendukung implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut meliputi: faktor lingkungan, faktor lembaga, suasana pembelajaran, guru yang kreatif dan inovatif. Faktor penghambat implementasi pembelajaran berbasis STEAM pada anak usia 5-6 tahun di RA Riyadus Salihin Tumut meliputi: media pembelajaran yang kurang lengkap, guru yang kurang menguasai STEAM, dan penyesuaian diri terhadap kurikulum merdeka. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - STEAM-Based Learning; PIAUD; peserta didik M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, MATHEMATICS) PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA RIYADUS SALIHIN TUMUT MOYUDAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 279 ER -