%0 Thesis %9 Skripsi %A Anita Saharani, NIM.: 20104030046 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65791 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Inclusion Early Childhood Education; ABK; media pembelajaran %P 160 %T IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PAUD INKLUSI DI PAUD INKLUSI SRAWUNG BOCAH KEC. KASIHAN KAB. BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65791/ %X Pendidikan inklusi, terutama pada pendidikan anak usia dini, masih menghadapi tantangan dalam pengelolaan yang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui paud inklusi serta implementasi pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) inklusi di PAUD Inklusi Srawung Bocah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di PAUD Inklusi Srawung Bocah selama bulan Oktober hingga Desember 2023. Metode observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PAUD Inklusi Srawung Bocah telah menerapkan pendidikan inklusi sejak tahun 2019, dengan menerima berbagai jenis anak berkebutuhan khusus seperti ASD, ADHD, Down Syndrome, dan Cerebral Palsy. Perencanaan yang melibatkan asesmen awal untuk mengidentifikasi kebutuhan khusus anak, disertai dengan pengorganisasian yang melibatkan shadow teacher. Pembelajaran dilaksanakan secara menyeluruh dengan pengawasan dan evaluasi terhadap pendidik dan peserta didik. Keunggulan PAUD ini meliputi layanan inklusi yang bekerja sama dengan psikolog dan tenaga medis, serta program parenting bulanan dan dukungan orang tua melalui Parent Support Group (PSG). Pendekatan positif dalam komunikasi, seperti menggunakan kata-kata tolong, maaf, terima kasih, dan permisi, juga menjadi ciri khas PAUD ini. %Z Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.