@phdthesis{digilib65826, month = {May}, title = {PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL DENGAN KONTEKS BUDAYA BANGKA BELITUNG UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 20104040065 Rofiyu Anggraini}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Nurul Arfinanti, S, Pd. Si., M. Pd.}, keywords = {LKPD; PBL; budaya Bangka Belitung; komunikasi matematis; aritmetika sosial}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65826/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan konteks budaya Bangka Belitung untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis khususnya materi aritmetika sosial. Penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap dari model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan, yakni analyze (analisis), design (desain), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan telah melalui penilaian dari para ahli. Dari penilaian ahli tersebut memperoleh skor rata-rata sebesar 146,667 (baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan berdasarkan respon pendidik memperoleh persentase keidealan sebesar 87,5\% (sangat baik) sedangkan respon peserta didik memperoleh persentase keidealan sebesar 72,625\% (baik). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan memperoleh persentase ketuntasan sebesar 75\% (baik) yang berarti produk dapat dikatakan efektif dalam memfaslitasi kemampuan komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan konteks budaya Bangka Belitung telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.} }