%0 Thesis %9 Masters %A Cahya Kirani, NIM.: 22204091023 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65856 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Islamic Education Management; disruption; tema penelitian %P 157 %T MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DISRUPSI: ANALISIS TREND TEMA PADA TESIS %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65856/ %X Fenomena disrupsi memaksa pengelola lembaga pendidikan Islam yang sebelumnya dikenal konservatif untuk melakukan perubahan dengan memanfaatkan teknologi dan menyusun pendekatan baru. Urgensi topik ini telah dikaji oleh peneliti di bidang manajemen pendidikan Islam. Oleh karena itu, diperlukan pemetaan penelitian untuk menggambarkan trend dan mengidentifikasi celah problematika yang belum mendapatkan perhatian dalam kajian ilmiah. Penelitian ini ditujukan untuk menemukan trend penelitian pada tesis dan trend tema yang relevan dengan era disrupsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan literature review jenis hybrid antara scoping review dengan textual narrative synthesis. Sumber data primer terdiri dari 117 tesis prodi MPI UIN Sunan Kalijaga tahun 2020-2023 dan sumber data sekunder berupa artikel atau buku yang relevan dengan penelitian ini. Alasan pemilihan lembaga ini didasarkan pada kualitas akreditasi unggulnya yang didapatkan melalui pemenuhan beberapa indikator, salah satunya hasil penelitian. Teknik pengumpulan dan analisis data menggunakan kerangka berpikir Arksey dan O’Malley yang dikembangkan oleh Jil Jameson dkk. dibantukan diagram alur PRISMA untuk seleksi data. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan dan kehati-hatian, serta transparansi dalam memaparkan alasan pengambilan keputusan hingga pemaparan data. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, terdapat lima trend dalam tesis di MMPI UIN Sunan Kalijaga tahun 2020-2023, yaitu 1) pada aspek bidang kajian, didominasi oleh topik kepemimpinan (29%), kurikulum (13%), strategi (11%) yang keseluruhan mencapai 14 variasi bidang kajian. Sedangkan masing-masing dari bidang kajian sarana dan prasarana, pembiayaan, humas, supervisi, hingga TQM tidak mencapai 5%; 2) aspek metode penelitian berupa metode kualitatif (95%), kuantitatif (4%), mix method (1%); 3) aspek desain penelitian meliputi studi kasus (13%), studi lapangan (81%), ex post facto (4%), dan triangulasi (1%); 4) aspek lokasi penelitian dengan Lembaga pendidikan (94%), non-lembaga pendidikan (6%); 5) aspek tingkat dan jenis lembaga pendidikan Islam meliputi RA (1%), MI (19%), MTs (17%), MA (21%), pondok pesantren (10%), PTKIN/PTKIS (8%), masjid (1%). Berdasarkan kelima aspek di atas ditemukan kesenjangan yang cukup tinggi antar variasi dalam masing-masing aspek sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi oleh peneliti selanjutnya. Kedua, terdapat relevansi tema tesis MMPI UIN Sunan Kalijaga tahun 2020-2023 terkait era disrupsi yang ditinjau dari dua indikator yaitu tentang pemanfaatan teknologi pada 5 tesis dan kaitannya dengan pendekatan baru ada 17 tesis yang relevan. Keterbatasan tesis yang relevan dengan indikator era disrupsi diharapkan dapat mendorong munculnya lebih banyak penelitian yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat yang dinamis. Hal ini dapat meningkatkan peradaban melalui kontribusi pemikiran kritis dan kreatif bagi kemajuan pendidikan Islam. %Z Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, M.Pd.I.