eprintid: 65892 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12243 dir: disk0/00/06/58/92 datestamp: 2024-07-15 04:59:00 lastmod: 2024-07-15 04:59:00 status_changed: 2024-07-15 04:59:00 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id creators_name: Eliana Pangestika, NIM.: 22204021016 title: PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 371.33 divisions: p-ba full_text_status: restricted keywords: Media Pembelajaran; Wayang; Bahasa Arab note: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. abstract: Latar belakang pada penelitian ini adalah belum terdapatnya media pembelajaran bahasa Arab yang berbentuk digital pada Madrasah Tsanawiyyah Nurussalam Tersono. Hal ini dikarenakan beberapa infastuktur teknologi yang terbatas dan lebih mengfokuskan pada kebutuhan dasar, seperti buku teks daripada mengalokasikan sumber daya untuk media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendesain sebuah media pembelajaran bahasa Arab kelas VII MTs Nurussalam Tersono (2) menguji kelayakan efektifitas produk media pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan pendekatan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Nurussalam Tersono-Batang tahun ajaran 2023/2024. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian data angka yang terkumpul akan di analisis melalui Independent simple T-Test dengan bantuan SPSS 26 untuk mengetahui keefektifitasan media pembelajaran tersebut Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengembangan media “Wayang Talk Arabic” dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTs Nurussalam Tersono-Batang tahun ajaran 2023/2024 menggunakan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Tahap awal pada pendekatam ini adalah analisis untuk memahami masalah atau kebutuhan pembelajaran, tahap kedua peneliti mulai mendesain media pembelajaran, tahapan ketiga adalah pengembangan yang merupakan tahap penilaian oleh para ahli, tahap keempat peneliti mengimplementasikan media pembelajaran kepada siswa, tahap akhir pada pendekatan ADDIE adalah evaluasi yang merupakan tahap untuk memberikan penilian terhadap media tersebut. (2) Hasil uji kelayakan media dengan persentase 92% dan ahli materi dengan persentase 93%, keduanya mendapatkan kriteria sangat baik dan keterangan sangat valid. media pembelajaran ini telah diuji keefektivitasannya dengan menggunakan Independent simple T-Test dengan hasil skor 0,000 maka nilai tersebut dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas control dan kelas eksperimen, dengan nilai N-gain score .7755 yang memiliki kategori tinggi Sehingga media pembelajaran bahasa Arab “Wayang Talk Arabic” dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Arab guna meningkatkan semangat dan pemahaman peserta didik. date: 2024-05-30 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: Eliana Pangestika, NIM.: 22204021016 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA “WAYANG TALK ARABIC” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII MTs NURUSSALAM TERSONO-BATANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65892/1/22204021016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65892/2/22204021016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf