@mastersthesis{digilib65909, month = {June}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING ANAK DI TK ?AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL BEBEKAN SEPANJANG SIDOARJO}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM.: 22204031002 Zayyana Zahrotul Fitri}, year = {2024}, note = {Pembimbing: Prof. Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd}, keywords = {Learning Models; Project Based Learning; Computational Thinking}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65909/}, abstract = {Model pembelajaran Project Based Learning di TK ?Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan Sepanjang Sidoarjo berfokus pada pengembangan pengalaman belajar anak, kemampuan percaya diri, kreativitas, tanggung jawab, dan keterampilan memecahkan masalah. TK ?Aisyiyah Bustanul Athfal Bebekan Sepanjang Sidoarjo menerapkan model pembelajaran Project Based Learning guna meningkatkan potensi kecerdasan siswanya dalam menghadapi perkembangan zaman. Fokus penelitian adalah menganalisis perbedaan dan keefektivan kemampuan Computational Thinking anak yang menerima pembelajaran Project Based Learning dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian eksperimen berupa Quasi Experimental Design (Matched Group PreTest PostTest Design). Teknik sampling menggunakan Purposive Sampling dengan proses pengumpulan data melalui metode observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji normalitas, homogenitas, pengujian hipotesis dengan uji wilcoxon dan N-Gain Score) Hasil penelitian menunjukkan hipotesis penelitian Ha diterima dan H0 ditolak. Merujuk dari hasil uji wilcoxon terdapat perbedaan yang signifikan (Asymp.Sig 2tailed 0,001{\ensuremath{<}}0,05). Selanjutnya, dari hasil uji N-Gain Score pembelajaran Project Based Learning memperoleh hasil rata-rata 84,62\% dan pembelajaran konvensional 40,22\%. Dapat disimpulkan model Pembelajaran Project Based Learning efektif dalam meningkatkan Computational Thinking anak. Implikasi penelitian ini berupa praktik pendidikan yang menganjurkan peralihan penerapan model pembelajaran yang lebih partisipatif dan konkret sebagai persiapan anak-anak menghadapi tantangan di masa depan.} }