%0 Thesis %9 Skripsi %A Siti Fatimah, NIM.: 17104080029 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2024 %F digilib:65932 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kompetensi, Kurikulum, Pembelajaran %P 162 %T IMPLEMENTASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SD MUHAMMADIYAH GENDOL IV %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65932/ %X Kompetensi pedagogik menjadi faktor penunjang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran sehingga mutlak dimiliki seorang guru. Termasuk di dalamnya berkaitan dengan kurikulum. Guru menjadi salah pengembang dan pelaksanak kurikulum. Sehingga kurikulum menjadi hal yang tak kalah penting di dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pengelolaan pembelajaran melalui pengembangan kurikulumdi SD Muhammadiyah Gendol IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas 1 sampai kelas 6 di SD Muhammadiyah Gendol IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas trianggulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa dalam kegiatan pengembangan kurikulum setidaknya ada 3 (tiga) tahap yang dilalui, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Akan tetapi berdasarkan hasil penelitian di SD Muhammadiyah Gendol IV, dari ketiga tahap tersebut, masih terdapat banyak kekurangan yang ditemukan. Sehingga diperlukan adanya perbaikan ke depannya. %Z Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.