eprintid: 65939 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/06/59/39 datestamp: 2024-07-16 01:55:41 lastmod: 2024-07-16 01:55:41 status_changed: 2024-07-16 01:55:41 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Inna Cahya, NIM.: 20104020016 title: MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024. ispublished: pub subjects: 492.77 divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Problematika, Pembelajaran, Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara note: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd.I. abstract: Penelitian ini berangkat dari adanya kesulitan atau problematika pada proses pembelajaran bahasa Arab khususnya pada pembelajaran keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Negeri 10 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan menemukan solusi yang efektif bagi guru dan siswa untuk menghadapi problematika yang terjadi dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini terdiri dari siswa kelas 8 sejumlah 24 siswa dan guru bahasa Arab di MTs Negeri 10 Sleman. Pengumpulan data pada penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman atau analisis data flow model melalui teknik kondensasi data, display data, dan conclusion drawing (kesimpulan). Sedangkan untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa problematika yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab terdiri dari dua aspek, yaitu aspek linguistik berupa tidak familiarnya siswa terhadap tata bunyi bahasa Arab dan kesulitan dalam menghafal kosa kata dan gramatika Arab, sedangkan untuk aspek non-linguistik berupa perbedaan latar belakang pendidikan siswa (terdapat siswa yang berasal dari SD Negeri) dimana siswa tidak mengenal bahasa Arab sebelumnya, kurangnya minat dan motivasi siswa, kurangnya lingkungan belajar siswa, kurangnya alokasi waktu pembelajaran bahasa Arab, dan materi pada buku ajar yang sulit dipahami oleh siswa (terdapat beberapa kalimat yang tidak memiliki harokat). Upaya yang bisa dilakukan oleh guru dan murid sebagai solusi dalam mengatasi problematika yang ada adalah sebagai berikut: bagi guru adalah dengan mengenalkan lebih dalam tata bunyi, kosa kata, hingga tata kalimat kepada siswa, memisahkan siswa sesuai dengan abilitasnya supaya pembelajaran lebih maksimal, meningkatkan minat dan motivasi siswa, memfasilitasi dan memperhatikan siswa dalam pembelajaran, serta menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat memaksimalkan pembelajaran siswa. Sedangkan bagi siswa yaitu dengan memperbanyak bacaan dan mendengarkan percakapan bahasa Arab, berlatih mempraktikan percakapan berbahasa Arab, dan meminta bimbingan kepada guru bahasa Arab. date: 2024-05-13 date_type: published pages: 129 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Inna Cahya, NIM.: 20104020016 (2024) MUSYKILAH TA’LIIMI MAHARATIL KALAM LADAA THOLABATISH SHOFI TSAAMIN BILMADRASAH AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH 10 SLEMAN SANAH DIRAASIYAH 2023-2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65939/1/20104020016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65939/2/20104020016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf